< Bina Seni Banir Kabupaten Kutai Barat – Humas Sekretariat Kabupaten Kutai Barat
Breaking News
Home » Berita Terkini » Bina Seni Banir Kabupaten Kutai Barat
Foto Bersama Dengan Para Pengurus Bina Seni Banir Kutai Barat
Foto Bersama Dengan Para Pengurus Bina Seni Banir Kutai Barat

Bina Seni Banir Kabupaten Kutai Barat

Membangun Melalui Budaya

SENDAWAR- Bina Seni Banir akan merangkul dengan membangun kerjasama antara setiap para seniman, budayawan yang ada di Kubar untuk bersama-sama membangun melalui budaya. Hal ini dikatakan, Ketua Bina Seni Banir Kabupaten Kutai Barat,Kresensia Rikam ditemui disela-sela kegiatan Rapat Kepengurusan Bina Seni Banir, di Panggung Utama, Taman Budaya Sentawar (TBS) baru-baru ini.

Dibentuknya Bina Seni Banir ini, untuk mempersatukan seluruh sanggar seni-sanggar seni yang ada di Kab Kubar dalam satu wadah untuk mengembangkan seni adat budaya, untuk semua golongan secara khusus generasi muda.

Lanjutnya, adapun dalam membangun budaya dengan seni tari, seni pahat, seni musik, seni drama, seni teater. Serta membantu pemerintah ikut mengembangkan budaya, seperti halnya dengan mengikuti event-event yang ada di Kubar maupun event di luar Kubar. Tentunya memerlukan kerjasama pada seluruh penggiat seni dan budaya Kubar yang akan dibina oleh Sanggar Seni Banir ini . Dengan kata lain, Bina Seni Banir ini merupakan Induknya Sanggar Seni yang ada di Kubar, jelasnya.

Kresensia Rikam menerangkan BANIR  sendiri merupakan singkatan dari Bersama Anda Indah Rahmatnya yang berarti bersama-sama pada budayawan dan seniman bekerjasama saling gotong royong, saling bersatu untuk membangun Kabupaten Kutai Barat melalui budayanya, sehingga dengan bersatunya ini Kabupaten Kubar lebih dikenal oleh masyarakat baik di dalam hingga ke luar, tuturnya.  “

Selain itu, kata BANIR bukan hanya singkatan namun dalam Bahasa Dayak Benuaq merupakan akar pohon yang cukup besar yang merupakan penopang pohon agar berdiri kokoh dan kuat sehingga, burung-burung bisa bersarang diatas pohon tersebut. Dimana melambangkan agar kerjasama yang baik para seniman bisa mendukung Kabupaten Kubar menjadi Kabupaten yang maju, makmur melalui seni budaya.

Dengan bersatunya seni budaya sehingga, apa yang dicapai oleh pemerintah dapat diakomodir. Seperti salah satunya ajang pencari bakat bibit-bibit pada bidang seni budaya, akan kita bina, ini bukan sementara, namun berkelanjutan,  harapnya. Dalam Rapat tersebut turut hadir, Ketua Harian yang juga menjabat Kepala UPT-TBS, Dra Melitina, Sekretaris, Agus Yanti dan pengurus-pengurs lainnya.  (hms 19)

Check Also

Keadaan Rapat Terakhir yang serius diikuti kepanitian RakerCab Pramuka 2018

February Mendatang RAKERCAB Pramuka Kubar

Membahas Program-Program Pramuka Di Kubar SENDAWAR- 8 February 2018 mendatang Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *