< Bupati : Kita Harus Bangkit, Bergandengan Tangan, Bahu-Membahu Peringatan HUT TNI-72 – Humas Sekretariat Kabupaten Kutai Barat
Home » Berita Terkini » Bupati : Kita Harus Bangkit, Bergandengan Tangan, Bahu-Membahu Peringatan HUT TNI-72
Sesaat setelah Selesai Upacara Berfoto Bersama
Sesaat setelah Selesai Upacara Berfoto Bersama

Bupati : Kita Harus Bangkit, Bergandengan Tangan, Bahu-Membahu Peringatan HUT TNI-72

SENDAWAR- Tepatnya 5 Oktober 2017 ini, Tentara Nasional Indonesia (TNI) memperingati HUT Ke- 72.  Upacara Peringatan HUT TNI K3-72 dilaksanakan di di depan Halaman Makodim 0912 Kubar, Kamis (5/10).

Dandim 0912 Kubar, Letkol Inf Hendriawan Sanjaya selaku Inspektur Upacara, dengan Komadan Upacara Kapten Inf Rokim, dihadiri juga Bupati Kutai Barat, FX Yapan, Wakil Bupati Kubar, H Edyanto Arkan, Sekretaris Kabupaten, Drs Yacob Tullur, Kepala Dinas, Badan, Kantor dalam wilayah Kab Kubar, Perwakilan TNI AURI Balikpapan, Letkol Heru, Wakapolres Kubar, Kompol Gede Pasek, Tokoh Masyarakat, Organisasi Kemasyarakatan, Aparatur Sipil Negara (ASN), Tenaga Kerja Kontrak (TKK), Mahasiswa, Pelajar SMP dan Pelajar SMA.

Bupati Kutai Barat, FX Yapan mengatakan dimana tema HUT TNI Ke-72 kali ini yakni Bersama Rakyat TNI Kuat, tentunya antara rakyat dan TNI tidak bisa dipisah-pisahkan. “ Kita harus bangkit, bergandengan tangan, bahu-membahu untuk membangun negara ini, khususnya membangun Kutai Barat, ”ujarnya.

Terkait adanya Batalyon, lanjut Bupati di Kabupaten Kutai Barat kedepan mengharapkan batalyon tersebut segera ada di wilayah Kubar. Karena, untuk menjaga keamanan perbatasan dimana membawahi dua Kabupaten (Kubar dan Mahulu). Tentunya Batalyon yang recananya akan berada di Eks Gunung Bayan, wilayah tersebut akan berkembang. Berkembang baik dalam ekonomi, pendidikan. “ Bayangkan nantinya diperkirakan akan ada 1000 orang yang dapat mempengaruhi perputaran ekonomi di daerah tersebut. Serta masyarakat dan TNI dapat lebih bersatu dan lebih kuat, serta juga kedepan keamanan Kubar bisa terjaga dengan baik,” tutur Bupati.

Sementara itu, Dandim 0912 Kubar, Letkol Inf Hendriawan Sanjaya selaku Inspektur Upacara menyampaikan amanat Panglima TNI, Gatot Nurmantyo dimana Peringatan HUT TNI Ke-72 dilaksankan secara terpusat. Harapan semua yang ditampilkan dalam rangkaian ini dapat memberikan gambaran yang utuh tentang pembangunan kekuatan dan profesionalisme TNI, sehingga bisa menumbuhkan kecintaan dan kebanggan seluruh masyarakat Indonesia terhadap TNI.

Ada tujuh pesan, yang disampaikan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo diantaranya, yang pertama tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, Kedua  tempatkan tugas diatas segala-galanya karena tugas adalah kehormatan, harga diri dan kebanggaan. Ketiga, junjung tinggi nilai dan semangat kebangsaan demi tetap kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa. Serta tetap tegaknya kedaulatan negara kesatuan RI.

Selanjutnya, keempat pegang teguh disiplin keprajuritan dengan berpedoman Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, taati hukum dan hormati hak asasi manusia, kelima bina soliditas satuan tegakkan rantai komando. Keenam selalu hadir ditengah-tengah masyarakat, dengan aktif berperan menyelesaikan masalah dengan memberikan kontribusi positif. Serta ketujuh, laksanakan semua tugas dengan niat berbuat terbaik, berani, tulus dan ikhlas.

Pembangunan Pulau Terluar tertentu yang bersifat strategis merupakan salah satu bentuk kebijakan pembangunan kekuatan TNI yang dijadikan pedoman guna mendukung pelaksanaan tugas pokok dan perannya sebagai alat pertahanan negara.Pembangunan prioritas terluar tersebut adalah Pulau Natuna, Pulau Yamdena (Kota Saumlaki), Pulau Selaru, Pulau Marotai, Pulai Biak dan Kabupaten Marauke.  (hms 19)

Check Also

Pendamping PKH dan Operator PKH Kabupaten Kubar berfoto bersama dengan Anggi Dwi Wulandari Safitri selaku Koordinator Wilayah Kalimantan Timur I (tengah di baris depan)

Pendamping dan Operator PKH Ikuti Pelatihan

BALIKPAPAN- Sebanyak 16 Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Kutai Barat ikuti Bimbingan Teknis Pendamping …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *