< Bupati : Politik Perpaduan Seni dan Strategi – Humas Sekretariat Kabupaten Kutai Barat
Home » Berita Terkini » Bupati : Politik Perpaduan Seni dan Strategi
Bupati Kubar, FX Yapan (tengah) didampingi Kepala Kesbangpol Kubar, Drs Hermanuddin ( no 2 dari kiri) serta Ketua KPUD Kubar, FX Irianto (no 2 dari kanan)
Bupati Kubar, FX Yapan (tengah) didampingi Kepala Kesbangpol Kubar, Drs Hermanuddin ( no 2 dari kiri) serta Ketua KPUD Kubar, FX Irianto (no 2 dari kanan)

Bupati : Politik Perpaduan Seni dan Strategi

SENDAWAR- Kegiatan seperti ini sangat berharga sekali, sebab Poltik yang dianggap sebagian orang merupakan kejam atau mengerikan. Sehingga, berimbas dengan keikutsertaan masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada pemilu menjadi rendah. Sebenarnya politik merupakan perpaduan seni dan juga strategi. Hal ini dikatakan Bupati Kutai Barat, FX Yapan saat pembukaan kegiatan Pembelajaran Politik Praktis, Etika dan Budaya Politik Masyarakat, di Ruang Rapat Lantai II, Kantor BP3D, Selasa (28/11).

Bupati juga mengatakan, kemungkinannya menggunakan hak pilihnya rendah dikarena kejenuhan dari masyarakat sendiri yang banyaknya Pemilu diikuti. Mulai dari Pemilu Presiden, Legislatif, Gubernur, Bupati, Petinggi, Adat hingga BPK, terangnya. “ Politik praktis memiliki empat kriteria yang tidak dapat terpisahkan, mulai dari ilmu, teori, logika dan etika. Serta ilmu tertinggi dalam politik adalah komunikasi yang juga memiliki beberapa makna. Salah satunya komunikasi untuk hidup atau bersosialisasi, komunikasi sebagai sarana untuk mencapai tujuan, komunikasi dapat diolah sebagai sebuah kebijakan. Itulah kunci sukses komunikasi dalam berpolitik, ” bebernya. Tidak hanya itu, Bupati juga menambahkan materi-materi ini sangat penting adanya untuk menguatkan pemahaman dan kesadaran untuk berpartisipasi dan mendukung tumbuh kembang kehidupan politik di Kubar.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kubar, Drs Hermanuddin menambahkan peserta yang ikut sebanyak kurang lebih 75 orang dari berbagai unsur masyarakat, Mahasiswa, Siswa dan pihak terkait dalam Pemilu serta organisasi kemasyarakatan. Adapun tujuan kegiatan ini dalam menghadapi Pemilu Gubernur, legislatif hingga Presiden tingkat partisipasi penggunaan suara atau hak pemilih naik menjadi 77,5 persen, dimana sebelumnya sekitar 60 persen untuk wilayah Kaltim.

Selain itu, Kepala Bidang Politik Dalam Negeri, Isak Pongsamma menambahkan kegiatan ini juga sebagai sarana koordinasi bagi semua pihak dalam bersama-sama mensukseskan Pemilukada Serentak Gubernur serta untuk menginventarisir berbagai masukan dan permasalahan yang timbul dalam persiapan hingga pelaksanaannya. Salah satu peserta Melta Kristina (17), Siswi SMA 2 Sendawar mengatakan sangat tertarik dengan politik. Apalagi dengan mengikuti kegiatan ini dapat menambah wawasan terkait pemilu mendatang. Pemilu Gubernur 2018 merupakan pertama kalinya saya ikut mencoblos.

Hal senada dikatakan Ketua BEM Poltek Sendawar, Hiskia Bobby (20) menambahkan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada kita cara berpolitik yang baik. bagaimana memilih calon-calon yang akan maju, tuturnya. Turut Hadir Ketua KPUD Kubar, FX Irianto, Perwakilan Polres Kubar. (hms 19)

Check Also

Berfoto bersama dengan menggunakan baju adat sebelum mengikuti karnaval

Tampilkan Tari Kreasi Daerah Pada Penutupan PERKEMPINAS ke III Balikpapan

BALIKPAPAN- 16 anggota Pramuka Putri Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Kutai Barat tampilkan tari kreasi daerah, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *