< Kwarcab Kubar Kebagian Masak Ikan Asin Biawan – Humas Sekretariat Kabupaten Kutai Barat
Home » Berita Terkini » Kwarcab Kubar Kebagian Masak Ikan Asin Biawan
Peserta Pramuka Putri Kwarcab Kubar dalam membuta Grafiti pada
Perkempinas Ke- III 2017 di Balikpapan
Peserta Pramuka Putri Kwarcab Kubar dalam membuta Grafiti pada Perkempinas Ke- III 2017 di Balikpapan

Kwarcab Kubar Kebagian Masak Ikan Asin Biawan

BALIKPAPAN- Pramuka Putri Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Kutai Barat, kebagian membuat masakan menu Ikan Asin atau Ikan Sepat. Hal ini diungkapkan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Kutai Barat,  Yakobus Yamon melalui Bina Damping (Bindam) Kwarcab Kubar, Susi ditemui di sela-sela Ragkaian kegiatan keikut sertaan mengikuti Perkemahan Pramuka Putri Tingkat Nasional (PERKEMPINAS) Ke III di Bumi Perkemahan Pantai Manggar, Kota Balikpapan.

Susi menerangkan pembagian menu masakan tersebut merupakan pembangian Masakan Daerah dari masing-msing Kawarcab Propinsi Kaltim. Tidak hanya Kwarcab Kutai Barat saja, namun ada dari Kwarcab Kota Balikpapan yang kebagian tugas memasak labu besantan, kemudian Kwarcab Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) kebagian menu masakan sambal mangga, sedangkan Kwarcab Kabupaten Paser kebagian menu masakan membuat Nasi Bakepor, jelasnya.

Kegiatan diatas merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang telah ditentukan oleh panitia. Khusus untuk memasak menu masakan tersebut bahan-bahannya disiapkan oleh masing-masing Kwarcab. Ikan asin telah kami persiapkan dan kami bawa langsung dari Kubar. Nantinya menu masakan berbahan ikan asin biawan akan kami kreasikan menjadi menu masakakan tidak hanya enak namun sehat, tutur Susi.

Tidak hanya itu, adapun berbagai kegiatan diikuti oleh masing-masing peserta. Diantarnya ada Grafiti, pelatihan dasar teater, penataan tenda, sosialisasi keamanan pangan oleh BPPOM, penyuluhan kesehatan, seminar terkait peran wanita, penyuluhan kesehatan, penyuluhan pemberantasan narkoba. Bahkan dalam rangkaian kegiatan tersebut tidak hanya diberikan edukasi saja, namun juga berkunjung ketempat agro wisata. Seperti ke agro wisata beruang madu, wisata pembuatan amplang, wisata ke bukit bengkirai, wisata ke pabrik gulung jenebora, beber Susi. “Alhamdullilah kondisi dari ke 16 Pramuka Putri Kwarcab Kubar dalam keadaan sehat walafiat, meskipun lelah namun keceriaan terpancar dari wajah-wajah para adik-adik Pramuka Putri, sebab tidak hanya menambah pengalaman namun juga wawasan serta menambah teman-teman baru, “ujar Susi.

Terpisah, Sekretaris Kwarcab Kubar, Frans Kris Tiwow berpesan agar adik-adik tetap menjaga kesehatan mengingat padatnya kegiatan dan cuaca yang kurang mendukung, jaga kekompakaan dan jiwa korsa sebagai 1 tim, harus bisa menjadi duta Kubar untuk memperkenalkan kebudayaan,makanan, daerah dan tempat-tempat wisata di Kubar. Lanjut, Serta tetap semanagat dan berusaha untukmengikuti setiap kegiatan dan menyerap materi-materi yang disampaikan yang dapat berguna bagi adik-adik bahkan bagi kemajuan kegiatan kepramukaan di Kubar dan juga memperoleh prestasi di ajang Perkempinas ke III 2017 kali ini,pungkasnya. (hms19)

Check Also

Pendamping PKH dan Operator PKH Kabupaten Kubar berfoto bersama dengan Anggi Dwi Wulandari Safitri selaku Koordinator Wilayah Kalimantan Timur I (tengah di baris depan)

Pendamping dan Operator PKH Ikuti Pelatihan

BALIKPAPAN- Sebanyak 16 Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Kutai Barat ikuti Bimbingan Teknis Pendamping …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *