< Lepas Kontingen PERKEMPINAS III tahun 2017, Di Balikpapan – Humas Sekretariat Kabupaten Kutai Barat
Home » Berita Terkini » Lepas Kontingen PERKEMPINAS III tahun 2017, Di Balikpapan
Assisten III, Drs Aminuddin (no 3 dari kanan) menyerahkan Bendera Kontingen Kepada Kakak Susi (kiri) selaku Pembina Putri
Assisten III, Drs Aminuddin (no 3 dari kanan) menyerahkan Bendera Kontingen Kepada Kakak Susi (kiri) selaku Pembina Putri

Lepas Kontingen PERKEMPINAS III tahun 2017, Di Balikpapan

Ajang Pembelajaran

SENDAWAR-  Pemerintah Kutai Barat melalui Assisten III, Drs Aminuddin melepas sebanyak 16 Peserta dengan satu Pembina Putri mengikuti Perkemahan Pramuka Putri Tingkat Nasional (Perkempinas) III tahun 2017 di Kaltim. Kegiatan yang diikuti dua kompi dan satu pembinan ini yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Pantai Manggar, Kota Balikpapan 19-24 November 2017 mendatang.

Dalam sambutan Bupati Kubar, FX Yapan yang dibacakan Assisten III, Drs Aminuddin menyampaikan kegiatan ini akan menjadi wadah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Putri seluruh Indonesia untuk mempererat tali persaudaraan sesama anggota pramuka dalam berbagai aktivitas yang inovatif, kreatif, edukatif, rekreatif dan produktif dalam bentuk perkemahan.

Bupati juga sampaikan dalam pidato tersebut,  dimana sehubungan dengan temanya yakni,  “Pramuka Putri Pemimpin Negeri” jika ditarik benang merah dengan Butir ketujuh Misi Pembangunan Kabupaten Kutai Barat 2016-2021 yaitu “Pemberdayaan Peran Kampung, Pemuda dan Perempuan sebagai Basis Pembangunan Masyarakat”, beliau berharap agar keikutsertaan para Kaum Mudi asal Kutai Barat ini dapat dijadikan sebagai  ajang pembelajaran.

Tidak hanya itu, mendapatkan banyak pengetahuan mengenai peran seorang perempuan dalam mendukung pembangunan sekaligus menjadi pelaku aktif dalam pembangunan. Nilai-nilai dalam kegiatan ini hendaknya dapat menginsipirasi 16 Adik-adik puteri yang dikirim mewakili Kubar pada Perkempinas ini untuk menjadi penyemangat, menjadi perempuan muda Kutai Barat tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, kreatif, dan produktif. Jangan takut untuk mengembangkan dan menggali potensi diri, pinta Bupati.

Selanjutnya dalam sambutan tersebut Kepada Kwartir Pramuka Cabang Kutai Barat yang menjadi tempat bernaung anak-anak muda Kubar yang ingin memajukan SDMnya, kiranya organisasi ini dapat merangkul lebih banyak lagi anak-anak muda Kubar sehingga generasi muda ditempat kita ini dapat menjadi generasi muda yang berkualitas karena ada wadah yang mereka ikuti untuk dibina dan arahkan, dan tak lupa Pramuka juga harus ikut mendukung penuh Kampanye gerakan Anti Narkoba dan GERMAS sehingga generasi ini menjadi generasi yang bersih dan dapat berdaya saing.

Sementara itu, Sekretaris Kwartil Cabang (Kwarcab)Pramuka Kabupaten Kutai Barat, Frans Kris Tiwow menambahkan untuk Kutai Barat sudah dua kali ini keikutsertaan, dimana pada empat tahun sebelumnya telah ikut kegiatan serupa. Persiapan telah dilakukan selama tiga bulan dalam keikutsertaan Perkempinas 2017 ini.

Frans Kris Tiwow menerangkan sebelumnya sudah dilakukan seleksi bagi keikutsertaan ini, dimana yang lolos seleksi dari Kwartil Ranting (Kwaran) dari Kecamatan Melak, Barong Tongkok, Linggang Bigung, Tering dan Bongan. “ Memang PERKEMPINAS yang dilaksanakan di pantai Manggar ini, bukan perlombaan namun berharap dibekali ilmu, pengetahuan- pengetahuan. Tetapi biasanya juga ada penilaian bagi gugus depan terbaik, penataan tenda terbaik dan lain sebagainya, meskipun bukan lomba namun kita bisa berprestasi juga, tuturnya.

Bagi adik-adik yang ikut bisa membawa nama baik Kwarcab Kubar, Kwartil ranting, gugus depan dan nama kedua orang tua. Serta adik-adik Pramuka dari Kubar juga bisa berpartisipasi di event-event nasional. Turut hadir Ketua Kwarcab Kabupaten Kutai Barat, Yakobus Yamon, Wakil Kepala Bidang Organisasi dan Hukum, Syamsuniq. (hms 19)

Check Also

Pendamping PKH dan Operator PKH Kabupaten Kubar berfoto bersama dengan Anggi Dwi Wulandari Safitri selaku Koordinator Wilayah Kalimantan Timur I (tengah di baris depan)

Pendamping dan Operator PKH Ikuti Pelatihan

BALIKPAPAN- Sebanyak 16 Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Kutai Barat ikuti Bimbingan Teknis Pendamping …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *