< Pemkab Kubar dan Polres Tandatangani MoU – Humas Sekretariat Kabupaten Kutai Barat
Breaking News
Home » Berita Terkini » Pemkab Kubar dan Polres Tandatangani MoU
Pemerintah Kabupaten Kubar melalui Assisten III (Administrasi Umum), Drs Aminuddin dan Kapolres Kubar, AKBP I Putu Yuni Setiawan,SIK di Ruang Diklat Lantai III, Kantor Bupati, Selasa (13/2).
Pemerintah Kabupaten Kubar melalui Assisten III (Administrasi Umum), Drs Aminuddin dan Kapolres Kubar, AKBP I Putu Yuni Setiawan,SIK di Ruang Diklat Lantai III, Kantor Bupati, Selasa (13/2).

Pemkab Kubar dan Polres Tandatangani MoU

Pembinaan Putra/Putri Terbaik Kubar Menjadi Perwira Polri

SENDAWAR- Pemerintah Kabupaten Kutai Barat bersama dengan Polres Kutai Barat menandatangani nota kesepahaman yang dituangkan dalam Memorandum Of Understanding (MoU), tentang Penelusuran dan Pembinaan Siswa/I yang berprestasi dalam penerimaan calon anggota Polri. MoU tersebut ditandatangani Pemerintah Kabupaten Kubar melalui Assisten III (Administrasi Umum), Drs Aminuddin dan Kapolres Kubar, AKBP I Putu Yuni Setiawan,SIK di Ruang Diklat Lantai III, Kantor Bupati, Selasa (13/2). Sambutan Bupati Kubar, FX Yapan melalui Assisten III (Administrasi Umum) Drs Aminuddin mengatakan, kegiatan saat ini gunanya juga selain berkomunikasi juga memberikan masukan-masukan yang berarti demi tercapainya kesepakatan bersama serta mensukseskan penerimaan calon Anggota Polri asal Kabupaten Kutai Barat.

Bupati dalam sambutan tersebut berpesan, agar Polres selaku pihak pertama dan saling mengetahui mengenai kriteria maupun tata cara juga standarisasi proses penerimaan calon anggota Polri juga standarisasi proses penerimaan calon anggota Polri kiranya dapat tukar menukar infromasi yang berkaitan dengan kegiatan penelusuran, pembinaan dan pelatihan jalur Putra/I dalam penerimaan calon anggota Polri.Sehingga, Putra/I mendapatkan bekal pendidikan dan latihan guna kesiapan mengikuti test seleksi nantinya. Semoga kita semua yang terlibat dalam kerjasama ini terus mendukung penuh agar mental dan semangat anak-anak yang telah terdaftar ini bisa terus ditingkatkan melalui dukungan penuh seluruh pihak terkait agar hal ini tidak jalan ditempat tetapi ada keseriusan untuk mengerjakannya bagi kepentingan dan masa depan calon pelindung dan pengayom masyarakat tersebut, pinta Bupati.

Juga berpesan kepada para Kepala Dinas terkait, Camat serta Kepala Sekolah agar dapat membantu mensosialisasikan penerimaan calon anggota Polri kepada masyarakat khususnya pelajar sehingga informasi ini dapat diketahui masyarakat luas. Lanjut, dengan kerjasama baik masyarakat sampai pada Pemerintah Daerah  akan memudahkan dalam kesiapan lolos dan sukses dikemudian hari mengikuti pendidikan kepolisian. Kubar akan terus menyumbang Putra dan Putri terbaiknya sebagai perwira Polisi dalam rangka butir ketujuh Misi Pembangunan 2016-2021 “Pemberdayaan Peran Kampung, pemuda dan Perempuan Sebagai Basis Pembangunan Masyarakat”, ujar Bupati lagi.

Sementara itu, Kapolres Kubar, AKBP I Putu Yuni Setiawan,SIK mengatakan, pelaksanaan penerimaan anggota Polri sudah menjadi agenda yang dilaksanakan dimana dengan  prinsip Betah yakni bersih, transparan, akuntabel dan humanis. “Animo pendaftar untuk menjadi anggota Polri asal Kabupaten Kubar cukup banyak, namun terjadi penurunan. Dimana pada tahun 2016 yang daftar ada 125 orang dan  menjadi penurunan pada tahun 2017 menjadi 97 orang. Pada tes-tes yang dilaksanakan, para peserta yang mendaftar banyak yang mengalami kegagalan atau gugur karena tidak memenuhi persyaratan, atau karena kaget belum pernah melaksanakan tes-tes tersebut. Sehingga, hal ini menjadi alasan untuk mengambil langkah mendasar melaksanakan penandatanganan MoU tersebut terkait penerimaan Polri tahun 2015, yaitu bekerjsama sama dengan Pemerintah daerah untuk mempersiapkan Putra-putri berkualitas`dan memiliki daya saing untuk menjadi anggota Polri tahun 2018.Dengan adanya MoU ini nantinya Pemerintah Daerah dengan  Polres Kubar menyelenggaraan pembinanan dan pelatihan calon anggota Polri dengan sasaran siswa SMA/ sederajat, “tuturnya.

Lanjutnya, adapun yang menjadi bimbingan pelaksanaan nanti meliputi, bimbingan pemeriksaan administrasi, kesehatan jasmani, pemeriksaan kesehatan, tes psikologi dan tes akademik. “ Pada bulan September 2017 yang lalu, Polres Kubar sudah melaksanakan pembinaan dan pelatihan yang diikuti oleh Pelajar tingkat SMA/sederajat, “bebernya. Diharapkan Pemkab Kubar ikut bersama-sama memberikan pembinaan dan pelatihan kepada Putra/Putri. Ini merupakan tanggung jawab bersama Polres dengan Pemkab Kubar dan juga melibatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pemuda dan Olahraga dan Dinas Kesehatan.  (hms 19)

Check Also

Ustadz Abdul Hamid (kanan) saat memberikan khotbah pada Solat Gerhana

Umat Muslim Ikuti Solat Gerhana

SENDAWAR- Adanya fenomena alam yakni Gerhana Super Blue Blood Moon dimana tiga fenomena terjadi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *