< Pendamping dan Operator PKH Ikuti Pelatihan – Humas Sekretariat Kabupaten Kutai Barat
Home » Berita Terkini » Pendamping dan Operator PKH Ikuti Pelatihan
Pendamping PKH dan Operator PKH Kabupaten Kubar berfoto bersama dengan Anggi Dwi Wulandari Safitri selaku Koordinator Wilayah Kalimantan Timur I (tengah di baris depan)
Pendamping PKH dan Operator PKH Kabupaten Kubar berfoto bersama dengan Anggi Dwi Wulandari Safitri selaku Koordinator Wilayah Kalimantan Timur I (tengah di baris depan)

Pendamping dan Operator PKH Ikuti Pelatihan

BALIKPAPAN- Sebanyak 16 Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Kutai Barat ikuti Bimbingan Teknis Pendamping dan Operator PKH di Balikpapan, Jumat (24/11). Pelatihan yang berlangsung di Ruang Pertemuan Gedung Panin Bank, Balikpapan diikuti empat Kabupaten. Diantaranya, Kabupaten Kutai Barat, Penajam Paser Utara (PPU), Paser dan Kota Balikpapan. Untuk Perserta Kabupaten Kutai Barat diikuti Pendamping PKH hamper seluruh kecamatan  se-Kubar.

Ketua Regu Pendamping PKH Kabupaten Kubar, Cahyono Wijaya mengatakan, kegiatan Bimtek ini sangat diperlukan. Karena penambahan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tahun 2018 jumlahnya bertambah, serta juga memiliki system yang berbeda dengan menggunakan aplikasi. Sehingga, memerlukan persiapan-persiapan untuk menghadapi proses-proses validasi.

“ Adapun kesulitan dilapangan yang ditemui, selain waktu  yag terbatas dan sangat-sangat singkat yang ditentukan oleh Kementrian Sosial juga letak geografis yang ditempuh, serta akses yang ada di Kubar juga menjadi kendala. Namun itu semua, harus dihadapi dan dijalani oleh masing-masing pendamping PKH di setiap kecamatan se-Kubar, “ beber Cahyono.

Sementara ini, lanjutnya dalam mengahadapi hal tersebut setiap masing-masing PKH di setiap Kecamatan memiliki trik dan cara untuk mengatasi masalah sesuai dengan kesulitan yang dihadapi. “Kami berjuang dilapangan bertemu langsung dengan KPM dan calon KPM sehingga ini juga perlu dukungan dari seluruh warga masyarakat, instansi terkait serta pengambil kebijakan untuk turut membantu menyukseskan Program PKH di Kubar, dalam mensejahterakan masyarakat Kubar,” pungkasnya.

Sementara itu, Anggi Dwi Wulandari Safitri selaku Koordinator Wilayah Kalimantan Timur I menambahkan, Bimtek ini validasi untuk pendamping dan operator PKH tahun 2017 untuk persiapan validasi di tahun 2018. Materi yang disampaikan terkait kebijakan umum, mekasime validasi KPM, verifikasi data serta aplikasi PKH nya dan lain sebagainya. Dituturkan Anggi permasalahan dan kendala yang dihadapi yakni terkait data, karena ada masih data double atau ganda. Berharap kedepan data lebih sinkron sebab masih dalam proses perbaikan data, tentunya juga ada verifikasi langsung kelapangan.

“Khusus bagi pendamping Kubar karena belum melakukan validasi, namun tetap semangat untuk melaksanakan validasi data kedepannya. Tetap bertugas sesuai dengan tanggung jawab dan intinya terlaksana. Pendamping PKH dalam Bimtek ini akan diberikan trik-trik dalam menghadapi berbagai permasalahan dilapangan. Setiap hari kinerja dari pendamping itu terpantau dimana mengunakan aplikasi, sehingga progres dari masing-masing pendamping bisa terlihat, “bebernya.

Khusus Kubar sangat saya apresiasi dengan letak geografis yang sangat sulit dimana kondisi alam bahkan ada beberapa titik wilayah ada yang terkena banjir, tetap jalan dan tetap semangat, pintanya. Diketahui Program PKH merupakan Program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan bagi anggota keluarga RTS diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Diharapkan PKH dapat dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan. (hms19)

Check Also

Berfoto bersama dengan menggunakan baju adat sebelum mengikuti karnaval

Tampilkan Tari Kreasi Daerah Pada Penutupan PERKEMPINAS ke III Balikpapan

BALIKPAPAN- 16 anggota Pramuka Putri Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Kutai Barat tampilkan tari kreasi daerah, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *