< Raih Prestasi – Humas Sekretariat Kabupaten Kutai Barat
Breaking News
Home » Berita Terkini » Raih Prestasi
Sekkab Kubar, Drs Yacob Tullur (kiri) menerima Penghargaan yang diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur (kanan)
Sekkab Kubar, Drs Yacob Tullur (kiri) menerima Penghargaan yang diberikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur (kanan)

Raih Prestasi

Naik Nilai Dari Tahun Sebelumnya

SENDAWAR-  Hasil evaluasi Pemerintah Kabupaten Kutai Barat mendapat nilai 52,62 atau dengan predikat penilaian CC.  Hal tersebut terkait hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja terhadap Instansi Pemerintah (SAKIP) Di Wilayah II (Bali, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Kalimantan dan Lampung) Tahun 2017.

Predikat tersebut diterima Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kubar, Drs Yacob Tullur yang diserahkan langsung Menteri Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur yang didampingi Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Muhammad Yusuf Ateh, di Bali Nusa Dua Convention Center atau Nusa Dua Hall, Bali, Rabu (31/1) kemaren.

Sekkab Kubar, Drs Yacob Tullur mengatakan bersyukur nilai naik dari tahun sebelumnya. Target tahun 2019 mendatang prestasi evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah kabupaten/kota meningkat B. Maka semua kekurangan yang selama ini akan kita perbaiki, SAKIP akan kita sempurnakan, karena masih banyak program dan kegiatan dalam APBD yang kurang dan belum fokus Output nya, bebernya.

Maka itu, lanjutnya Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kubar, Inspektorat dan Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana harus mendalami betul pelatihan atau Coaching Clinic yang dilaksanakan oleh Kementerian PAN-RB. Dengan maksud mendalami mulai dari sistem penyusunan program yang menghasilkan output yang jelas sampai dengan sistem penyajian laporan Akuntabilitas kinerja Pemerintah agar kedepan semakin baik sesuai dengan semboyan Kita Hari Esok Lebih Baik Dari Hari Ini, pintanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana, Erik Victory melalui Kepala Sub Bagian Kinerja dan Reformasi Birokrasi, Suhartono menambahkan, hasil ini mengalami peningkatan dimana tahun sebelumnya, Kabupaten Kutai Barat dengan perolehan hasil 51,93.

Dalam perjalannya, lanjutnya, memiliki sedikit hambatan, yakni dimana masih banyak yang belum memahami apa itu SAKIP, diantara review RPJMD dan Renstra untuk memastikan tujuan dan sasaran yang berorientasi pada hasil sesuai arahan kebijakan yang tertuang dalam RPJMD. “Namun demikian, kita (Pemkab Kubar) belum mempunyai mekanisme pengukuran kinerja, dimana laporan yang dibuat selama ini hanya berdasarkan laporan akhir tahun Perangkat Daerah (PD). Sedangkan monitoring dan evaluasi tidak pernah dilakukan dalam rangka pencapaian kinerjanya,” ungkapnya. (hms19)

Check Also

Keadaan Rapat Terakhir yang serius diikuti kepanitian RakerCab Pramuka 2018

February Mendatang RAKERCAB Pramuka Kubar

Membahas Program-Program Pramuka Di Kubar SENDAWAR- 8 February 2018 mendatang Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *