< Sosialisasi Kawasan Transmigrasi – Humas Sekretariat Kabupaten Kutai Barat
Breaking News
Home » Berita Terkini » Sosialisasi Kawasan Transmigrasi
Bupati Kubar, FX Yapan (tengah) didampingi Assisten II, Drs Yohanes Kinam ( no 2 dari kiri) dan Kepala Disnakertrans Kubar, Mobilala (no 2 dari kanan) membuka kegiatan tersebut
Bupati Kubar, FX Yapan (tengah) didampingi Assisten II, Drs Yohanes Kinam ( no 2 dari kiri) dan Kepala Disnakertrans Kubar, Mobilala (no 2 dari kanan) membuka kegiatan tersebut

Sosialisasi Kawasan Transmigrasi

SENDAWAR- Bupati Kutai Barat, FX Yapan membuka Sosialisasi Kawasan Transmigrasi Di Kabupaten Kubar. Pelaksanaan yang berlangsung di Ruang Diklat Lantai III, Kantor Setkab Kubar, pada Selasa (13/12) diikuti oleh Kepala Dinas, Badan, Kantor, Bagian dan juga Camat-camat se-Kubar.

FX Yapan mengatakan program transmigrasi sendiri memiliki peranan yang penting dalam upaya memperdayakan masyarakat, bahkan pelaksanaannya dapat mempercepat pertumbuhan perekonomian daerah dan membuka lapangan kerja dengan berwirausaha. Dengan adanya sosialisasi ini, berharap Kab Kubar dapat memberikan hasil konkrit terkait pemerataan pesebaran penduduk serta peningkatan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh di Kubar,yang mana dapat mewujudkan visi Pemkab Kubar yakni terwujudkan masyarakat Kubar yang semakin adil, mandiri, sejahtera, berdasarkan ekonomi kerakyatan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, ujarnya.

Dimana, lanjutnya pendekatan baru sosialisasi yakni mengintegrasikan kawasan transmigrasi dengan kawasan perdesaan disekelilingnya. Melalui pendekatan ini kedepannya, tidak akan ada lagi kota terpencil atau terisolir untuk lokasi-lokasi unit pemukiman transmigrasi, jelasnya. Kedepan agar membuat perencanaan yang benar-benar matang, para pelaku transmigrasi tidak sengsara di tempat yang baru. Sebab, sudah pernah ada contohnya terkait program tranmigrasi tersebut, pinta Bupati. Maka untuk itu, dari Disnakertrans Propinsi Kaltim sebelum mendata dan melihat langsung kelapangan, hendaknya ada Lima M yang harus diperhatikan. Yakni, melihat, mendengar, merasakan, menganggarkan serta melaksanakannya. Serta melihat sarana, prasarana dan juga infrastruktur penunjang transmigrasi, seperti listrik, air hingga jalan,” imbau Bupati.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kutai Barat, Mobilala mengatakan tujuan kegiatan ini untuk mengetahui secara utuh gambaran transmigrasi baik transmigrasi umum maupun transmigrasi swakarsa berbantuan dan transmigrasi swakarsa mandiri. Sehingga pada saatnya nanti jenis transmgrasi mana yang cocok untuk karakteristik Kabupaten Kubar, baik secara geografis, demografi, kultur/budaya dan sosial ekonomi masyarakat setempat.

Mobilala berharap dengan kegiatan tersebut sosialisasi ini dapat merubah mindset atau pola piker kita tentang transmigrasi. Seperti, memindahkan persoalan kependudukan, sosial ekonomi, dari satu pulau ke pulau lainnya. Tetapi, dengan transmigrasi paradigma baru kita dapat manfaat yang maksimal untuk kesejahteraan masyarakat Kubar. Dengan mendapatkan gambaran yang utuh tersebut maka, Pemkab Kubar dan para stakeholder dapat merumuskan suatu kebijakan transmigrasi yang tepat sasarn, tentunya untuk dibindang transmigrasi, ujarnya.

“ Adapun target sasaran Sosialisasi ini di tiga kecamatan, diantaranya, Bongan, Bentian Besar dan Mook Mannar Bulatn. Dimana ketiga tempat tersebut sebagai kecamatan yang akan dikembangkan sebagai kawasan transmigrasi. Dengan narasumber Sigid Rahadi dan Sulismono dari Disnakertrans Propinsi Kaltim, “ bebernya. (hms 19)

Check Also

Bupati Kubar, FX Yapan (kiri) menyerahkan secara simbolis berupa kunci mobil diterima Perwakilan dari Puskesmas Melak (kanan)

Kepedulian Pemkab Kubar

Serahkan Bantuan-Bantuan dan Juga Lomba Kendaraan Hias SENDAWAR- Dalam Perayaan Natal Oikoumene Pemkab Kubar 2017, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *