< Tampilkan Tari Kreasi Daerah Pada Penutupan PERKEMPINAS ke III Balikpapan – Humas Sekretariat Kabupaten Kutai Barat
Home » Berita Terkini » Tampilkan Tari Kreasi Daerah Pada Penutupan PERKEMPINAS ke III Balikpapan
Berfoto bersama dengan menggunakan baju adat sebelum mengikuti karnaval
Berfoto bersama dengan menggunakan baju adat sebelum mengikuti karnaval

Tampilkan Tari Kreasi Daerah Pada Penutupan PERKEMPINAS ke III Balikpapan

BALIKPAPAN- 16 anggota Pramuka Putri Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Kutai Barat tampilkan tari kreasi daerah, pada Penutupan Kegiatan Perkemahan Pramuka Putri Tingkat  Nasional (PERKEMPINAS) Ke III di Pantai Manggar, Balikpapan. Penutupan yang diawali dengan karnaval yang diikuti ribuan peserta dari 34 propinsi Se- Indonesia, membuat semarak penutupan dalam perkemahan tersebut.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Kutai Barat,  Yakobus Yamon melalui Bina Damping (Bindam) Kwarcab Kubar, Susi ditemui di sela-sela Ragkaian kegiatan mengatakan untuk karnaval yang diikuti untuk Kabupaten Kubar dengan menggunakan atribut pakaian daerah serta berjalan dengan jarak tempuh kurang lebih lima kilometer.

Kemudian, lanjutnya Kubar juga menyuguhkan menu masakan berupa berbahan ikan asin biawan bersama dengan kontingen Kabupaten lainnnya dalam wilayah Kaltim. Sedangkan Kabupaten seperti menu masakan tersebut merupakan pembangian Masakan Daerah dari masing-msing Kawarcab Propinsi Kaltim. Tidak hanya Kwarcab Kutai Barat saja, namun ada dari Kwarcab Kota Balikpapan yang kebagian tugas memasak labu besantan, kemudian Kwarcab Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) kebagian menu masakan sambal mangga, sedangkan Kwarcab Kabupaten Paser kebagian menu masakan membuat Nasi Bakepor, jelasnya.

“ Positif sekali antusias dari setiap kontingen yang mengikuti kegiatan ini, apalagi banyak sekali yang datang untuk bersua foto mengambil gambar dengan berpakaian daerah. Tidak hanya itu, apa yang disuguhkan atau ditampilkan dari Kubar baik dari pakaian dan juga masakan daerah dan yang lainnya, merupakan bercerita tentang potensi yang ada di Kubar. Apalagi ada yang penasaran ingin berkunjung ke daerah kita (Kubar) salah satunya ajang promosi memperkenalkan Kubar,” tuturnya.

Keikutsertaan kali ini, sangat senang sekali, apalagi dapat bersilahturahmi dengan peserta se-Indonesia. Serta bisa mengenal dan memperkenalkan budaya dan adat istiadat di seluruh Indonesia. Dimana dapat bisa lebih mengetahui dan memahami akan kekayaan budaya dan keragaman Indonesia melalui Perkempinas ini, beber Susi.

Mudah-mudahan kedepan diberi kesempatan untuk menjadi tuan rumah kegiatan serupa atau setingkat Nasional. Sehingga, bisa memperkenalkan akan kekayaan dan potensi wilayah Kubar, harapnya. Diketahui, Perkempinas Ke III 2017 yang berlangsung dari 19- 24 November 2017 di Bumi Perkemahan Pantai Manggar, Kota Balipapan, dibuka langsung oleh Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas)  Adhyaksa Dault.
(hms 19)

Check Also

Pendamping PKH dan Operator PKH Kabupaten Kubar berfoto bersama dengan Anggi Dwi Wulandari Safitri selaku Koordinator Wilayah Kalimantan Timur I (tengah di baris depan)

Pendamping dan Operator PKH Ikuti Pelatihan

BALIKPAPAN- Sebanyak 16 Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Kutai Barat ikuti Bimbingan Teknis Pendamping …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *